Klub Bisnis Internet Berorientasi Action
FreePaypalCash.com

Minggu, 14 Maret 2010

Waspadai Penipuan di Facebook Menggunakan Akun Milik Teman!

Jakarta - Setelah Selly si penipu cantik yang menipu kenalan Facebook-nya, kali ini muncul lagi modus penipuan baru melalui Facebook. Dengan menggunakan akun milik orang lain yang telah dibajak, sang pelaku meminta uang pada teman-teman di akun Facebook tersebut.

Salah seorang korban penipuan bernama Indra mengakui dirinya ditipu oleh seseorang yang mengaku sebagai temannya. Kepada detikcom, Selasa (8/3/2010), Indra menyatakan dirinya kehilangan uang sebesar Rp 700 ribu akibat penipuan tersebut.

Kejadian ini terjadi pada Kamis, 4 Maret 2010, disaat sedang membuka akun facebook miliknya, Indra melihat di forum chatting situs tersebut ada nama seorang teman baiknya yang bernama YU yang tengah menuntut ilmu di Rusia. Indra dan teman baiknya tersebut termasuk sering berinteraksi di situs jejaring sosial tersebut, tapi sudah beberapa minggu terakhir mereka tidak pernah bertegur sapa.

Maka mulailah Indra menyapa YU melalui forum chatting, dan dari sekian banyak message yang dikirim, akhirnya YU merespon pada 4 Maret 2010. Pembicaraan berlangsung seperti biasa, tapi tiba-tiba YU meminta bantuan Indra untuk membantu teman kuliah YU yang sedang mengalami musibah di Padang.

"Dia bilang Ibu temannya yang di Padang sakit, kan lama butuh waktu 2 hari kalau transfer dari Rusia. Jadi bisa nggak yang di Indonesia," tuturnya.

Maka YU meminta Indra untuk membantu mentransfer uang sejumlah Rp 700 ribu ke rekening BCA dengan nomor rekening 1571306765 atas nama Anry Priatna. Tanpa rasa curiga sedikitpun, Indra mentransferkan uang tersebut. Setelah uang ditransfer, Indra memberitahukan YU melalui private message di Facebook untuk segera mengirim gantinya ke rekening dirinya dan YU mengiyakan.

Namun, pada esok harinya, Jumat, 5 Maret 2010, Indra kembali membuka facebook dan ketika dirinya mengetikkan nama YU di akun facebook-nya ternyata nama itu sudah dihapus dan tidak bisa dilacak. Indra pun mencoba mengirim SMS kepada YU yang berada di Rusia.

Dan karena jarak Rusia-Indonesia yang jauh maka SMS baru diterima pada Jumat malam. Dalam balasannya, YU memberitahu Indra bahwa akun facebook miliknya telah dihacker sejak seminggu sebelumnya dan sudah banyak korban yang seperti dirinya.

Atas insiden ini, Indra telah melaporkan pemilik rek BCA, Anry Priatna, ke pengaduan Polisi via online dan kepada pihak bank untuk dilacak. Dia juga mengimbau teman-temannya yang mengenal YU untuk berhati-hati karena akun temannya tersebut telah dibajak untuk praktek penipuan.

"Saya berharap pihak kepolisian dapat menangkap Anry Priatna untuk dimintai keterangan dan agar masyarakat dapat berhati-hati dengan modus penipuan ini, karena ini mengikuti motif Selly sang penipu," tuturnya.

( mad / wsh )

Donasi
Dukung blog ini dengan donasi anda. jika anda merasa blog ini bermanfaat, kunjungi website sponsor kami : “Semua dana yang terkumpul akan kami salurkan kepada Fakir Miskin”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DonkeyMails.com: No Minimum Payout